Wajib Tahu! 3 Amalan yang Bisa Kamu Tingkatkan dan Prioritaskan di Bulan Ramadan

0
221
(Sumber: https://id.pinterest.com/pin/1058275612412024023/)

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa”. (QS. Al Baqarah: 183)

Tahukah kamu, bahwa ada makna tersembunyi di dalam ayat yang sering kamu dengar saat memasuki bulan suci Ramadhan ini?

Makna tersembunyi yang dimaksud ada pada kalimat yang digarisbawahi. “La’allakum tattaquun”

Sebelum membahas lebih jauh, bagaimana pendapatmu, apakah semua orang puasa pasti bertakwa? Mari kita bahas!

Kalimat “tattaquun” dalam ayat di atas didahului dengan kalimat “la’allakum”, kata لَعَلَّ dalam ilmu nahwu termasuk kata tarojji yang bermakna harapan. Kembali ke pertanyaan tadi, apakah semua orang puasa sudah pasti bertakwa? Jawabannya adalah; belum tentu.

Imam As-Suyuthi Rahimahullah berpendapat bahwa setiap ada kata harapan atau keinginan besar yang diawali dengan la’alla ((لعل, maka ia menunjukkan bahwa harapan yang dimaksud bukan hanya sekadar harapan biasa, tetapi harapan yang tidak akan bisa dicapai kecuali dengan kesungguhan. Itu artinya, ketakwaan (seperti yang ada di dalam redaksi ayat) tidak serta-merta bisa kamu dapatkan hanya dengan sekadar berpuasa, namun kamu juga harus menyertai kesungguhan yang luar biasa dalam memaksimalkan puasa tersebut.

Tentu sebagai muslim, kamupun ingin meningkatkan ketakwaan dan keluar dari bulan Ramadan dengan penuh kemenangan. Nah, untuk mencapainya, kamu perlu mengetahui amalan-amalan prioritas di bulan penuh berkah ini. Sebenarnya banyak sekali ibadah yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadan ini, namun disini kita hanya akan membahas tentang 3 amalan saja. Ketiga amalan tersebut tentu sudah sebaiknya kamu ketahui, amalkan, dan prioritaskan di bulan Ramadan ini. Check it out!

  1. Tingkatkan Sholat

Sholat memang dilakukan setiap hari oleh setiap muslim. Di bulan penuh keberkahan ini, kamu bisa menambah kuantitas (tentu diiringi kualitas) shalatmu. Tips pertama yang harus kamu lakukan adalah: mencatat atau menulis shalat sunnah apa saja yang bisa kamu lakukan setiap harinya.

Misalnya: shalat sunnah rawatib, shalat dhuha, shalat tahiyatul masjid, sholat setelah wudhu, dan lain sebagainya. Lalu, sediakan waktu (kalau perlu set alarm) serta siapkan dirimu sebaik mungkin untuk melakukannya setiap hari selama bulan Ramadan ini. Lakukan semuanya dengan tulus dan penuh keikhlasan.


Dalam Riwayat At-Tirmidzi dari Aisyah Ummul Mu’minin, Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:

من ثابرَ على ثنتي عشرةَ رَكعةً منَ السُّنَّةِ بنيَ لَهُ بيتٌ في الجنَّةِ أربعٍ قبلَ الظُّهرِ ورَكعتينِ بعدَ الظُّهرِ ورَكعتينِ بعدَ المغربِ ورَكعتينِ بعدَ العشاءِ ورَكعتينِ قبلَ الفجر

“Barangsiapa merutinkan shalat sunah dua belas rakaat dalam sehari, maka Allah akan membangunkan bagi dia sebuah rumah di surga. Dua belas rakaat tersebut adalah empat rakaat sebelum zhuhur, dua rakaat sesudah zhuhur, dua rakaat sesudah maghrib, dua rakaat sesudah ‘Isya dan dua rakaat sebelum shubuh” [HR. Tirmidzi no.414, dari Aisyah. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih]

  • Perbanyak Interaksi dengan Al-Qur’an

Allah berfirman,

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْآنُ 

Bulan Ramadhan yang di dalamnya –mulai- diturunkannya Al-Quran (QS Al-Baqarah: 185)

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kedekatanmu dengan al-qur’an, diantaranya adalah dengan banyak membaca (qiraah)dan banyak mengkajinya.

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : (( مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوتِ اللَّهِ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَيَتَدَارَسُونَهُ بَيْنَهُمْ إِلَّا نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِينَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلَائِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللَّهُ فِيمَنْ عِنْدَه ُ)).

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Tidaklah sekelompok orang berkumpul di sebuah rumah dari rumah-rumah Allah (masjid), mereka membaca al-qur’an serta mengkajinya, kecuali akan turun kepada mereka ketenangan, rahmat Allah pun akan menyelimuti mereka, malaikat-malaikat akan mengelilingi mereka, dan Allah akan menyebut nama mereka di hadapan makhluk makhluk yang ada di sisi-Nya.”

[Hadis sahih, diriwayatkan oleh Muslim (hadits no. 4867) dan Abu Dawud (hadits no. 1243), At-Tirmidzi (hadits no. 2869), Ibnu Majah (hadits no. 221), Ahmad (hadits no. 7118)]

  • Perbanyak Sedekah

Sedekah termasuk amalan pokok Ramadan yang dicontohkan oleh nabi kita Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, karena beliau termasuk orang yang paling dermawan dan menjadi bertambah kedermawanan beliau saat memasuki bulan Ramadan.

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَجْوَدَ النَّاسِ بِالْخَيْرِ وَكَانَ أَجْوَدَ مَا يَكُونُ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ 

“…Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan dalam memberikan kebaikan, dan beliau paling dermawan ketika di bulan Ramadhan…” [HR. Bukhari dan Muslim]

Kamu bisa mulai bersedekah dengan harta yang kamu miliki, berapapun jumlahnya, tak harus besar dan banyak, mulailah bersedekah semampumu, jangan lupa untuk selalu mengiringinya dengan rasa penuh keikhlasan.

Demikianlah 3 amalan di bulan Ramadan yang sebaiknya kamu amalkan dan prioritaskan, semoga kita bisa memanfaatkan bulan penuh keberkahan ini dengan maksimal dan semoga Allah menerima seluruh amal ibadah kita semua, sehingga kita termasuk ke dalam golongan orang-orang yang bertambah ketakwaannya dengan berpuasa,seperti yang telah Allah Ta’ala firmankan di awal tulisan ini. Aamiin.

Penulis: Husna Nurul Adila

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here