Sharia Orientation Week 2023; Bukan Sekedar Orientasi

0
181

SEMAFSIALAZHAR.MY.ID, Kairo – Senin, 8 Mei 2023 – Mahasiswa Fakultas Syariah Islamiyah Universitas Al Azhar memang tidak pernah kehabisan peminat, ratusan bahkan ribuan mahasiswa baru terus berdatangan tiap tahunnya, termasuk di dalamnya mahasiswa asal Indonesia.

Senat Mahasiswa Fakultas Syariah Islamiyah, yang merupakan forum berkumpulnya mahasiswa fakultas Syariah Islamiyah asal Indonesia, melihat ini sebagai sebuah panggilan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa baru yang perlu akan orientasi dan pengenalan terhadap Universitas Al Azhar yang mulia. Baik dari segi kultur kehidupan kampus, pengenalan bentuk fisik kampus, serta tata letak kampus yang akan menjadi tempat belajar mereka beberapa tahun ke depan.

Sharia Orientation Week 2023 atau SHOW 2023 yang sukses diadakan tahun ini adalah salah satu bentuk komitmen SEMA-FSI untuk menjadi pelayan bagi mahasiswa fakultas Syariah Islamiyah asal Indonesia.

Rangkaian SHOW 2023 dimulai dengan campus tour sebagai bentuk pengenalan medan kampus, yang kemudian disandingkan dengan rihlah maktabah untuk menyempurnakan kebutuhan informasi dasar mahasiswa, khususnya dalam hal kitab kitab penunjang kebutuhan mereka dalam menempuh studi di fakultas ini ke depannya.

Campus tour dan rihlah maktabah dilaksanakan secara berkelompok, yang masing masing kelompoknya dibimbing oleh kakak-kakak panitia SHOW 2023, antusiasme peserta SHOW 2023 saat mengikuti kegiatan ini juga sangat terasa, ditambah panitia juga mengadakan lomba membuat Instagram reels guna mengabadikan serta memeriahkan jalannya SHOW 2023.

Dokumentasi Kegiatan Rihlah Maktabah oleh peserta SHOW 2023

Rangkaian berlanjut  di keesokan harinya, yaitu hari kedua SHOW 2023. Hari tersebut diisi dengan materi-materi yang muatannya berupa orientasi ke-azharan, orientasi ke-fakultasan, dan orientasi ke-senatan, yang masing masing materi disampaikan oleh pemateri yang luar biasa dan kompeten di bidangnya.

Orientasi ke-azharan diampu oleh Ustadz Indra Gunawan ,Lc.,MA, yang berhasil menyadarkan kita kembali tetang betapa agungnya kedudukan Al Azhar sebagai mercusuar ilmu dan ulama.

Materi ke-fakultasan disampaikan oleh Ustadz Kevin Damara,Lc. Beliau mengenalkan kita banyak hal yang wajib kita ketahui sebagai mahasiswa fakultas syariah Islamiyah, mulai dari sejarah kefakultasan dan lain sebagainya. Sesi terakhir berupa materi pengenalan kesenatan yang disampaikan Abangda Glenn Sofyan dan Kak Fatia Rizka sebagai ketua dan wakil ketua SEMA-FSI.

SHOW tahun ini benar benar menjawab kebutuhan saya sebagai mahasiswa baru fakultas Syariah Islamiyah, setiap rangkaian acara menyenangkan untuk diikiuti, materi-materi yang disampaikan juga sarat akan maklumat-maklumat yang penting untuk saya ketahui, harapannya, semoga ke depannya bisa lebih baik lagi, juga semoga biaya registrasi bisa dikurangi, hehe.” Ulas Fauzi, peserta SHOW 2023 asal Lampung dengan jenaka.

Rangkaian ditutup dengan penampilan kejutan dari ketua pelaksana, Ghulam Muhammad Niyazi. Orasi yang berapi-api ia sampaikan kepada para mahasiswa baru guna membangitkan semangat dan menyadarkan kembali pentingnya keseriusan dalam menuntut ilmu di fakultas syariah Islamiyah ini.

Sambutan Oleh Ketua Pelaksana, Ghulam Muhammad Niyazi (dok. oleh SEMA-FSI)

Sharia Orietation Week ini kami adakan, berangat dari keresahan kami akan dibutuhkannya wadah orientasi bagi mahasiswa baru fakultas Syariah Islamiyah, agar tidak mengulangi kesalahan kesalahan yang kami lakukan saat kami berada pada fase tersebut, juga untuk menegaskan kembali pentingnya kesungguhan dalam mengarungi samudera keilmuan di Negeri Kinanah ini” Pungkas Ghulam, Ketika ditanya apa yang menjadi alasan SHOW ini diadakan.

Dalam orasinya, Ghulam memberikan quote penutup kepada para peserta SHOW 2023 yang berbunyi: “Mulai, tuntaskan, lalu kembali ke negerimu dengan membawa mutiara Azhar yang berkilauan”.

Penulis: Fathan Pramono

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here